Wednesday, October 17, 2012

Alison Goodman - Eon [Eon #1]

Judul : Eon
Seri : Eon #1
Penulis : Rick Riordan
Penerbit : Mizan
Tanggal Terbit : Maret 201
Halaman : 577
Genre : Young Adult; Fantasy
Overall rate : 4 of 5









Yang menarik perhatianku saat melihat buku ini adalah covernya cakep banget. Baca sinopsisnya membuatku lebih tertarik lagi karena membahas mengenai astrologi Cina. Tahu kan tentang shio-shio berdasarkan tahun lahir itu? Nah Alison Goodman (AG) membuat cerita berdasarkan hal tersebut.

Eona adalah seorang gadis berumur 16 tahun yang bertekad untuk menjadi seorang punggawa Naga. Namun, seorang perempuan tidak dapat dipilih menjadi punggawa Naga, oleh sebab itu di bawah tuntunan gurunya yang ambisius, Eona membuang sisi wanitanya dan berubah menjadi seorang anak laki-laki berumur 12 tahun bernama Eon.

Eon berharap untuk menjadi seorang punggawa Naga Tikus, jika dia gagal, dirinya akan dibuang ke tambak garam. Kematian lebih menyenangkan daripada kembali ke tempat gelap itu. Namun ketika pemilihan punggawa Naga, ternyata bukan Naga Tikus yang memilihnya melainkan Naga Kembar yang telah menghilang selama 500 tahun.

Bukan hanya Eon yang takjub, semua orang juga kaget, dan sang kaisar mulai memiliki harapan. Bukan sebuah rahasia lagi bahwa adik Kaisar, Lord Sethon, menginginkan takhta kerajaan. Kaisar mengharapkan Eon memihak pada dirinya dan melindungi negara tersebut. Bahkan anak Kaisar, Pangeran Kygo, juga mengharapkannya untuk mendukung Kaisar.

Eon memang memihak pada kekaisaran dan berusaha menghentikan Sethon dan anteknya, Lord Ido sang punggawa Naga Tikus, menghancurkan negara itu. Dibantu oleh Ryko dan Putri Della serta para punggawa Naga lainnya, Eon mulai belajar untuk menjadi punggawa Naga Kembar dan protokol dalam kerajaan.

Namun hidup Eon tidak lah tenang, bukan hanya gangguan dari Lord Ido, dirinya sendiri tak mengetahui nama sang Naga Kembar. Tanpa nama itu, dia tak dapat memiliki kekuatan apa pun. Belum lagi, jika jati dirinya yang sebenarnya diketahui, sang Kaisar akan membunuhnya karena mengkhianati kerjaan.

--

Baca buku ini membuatku berulang kali melihat lingkaran shio. Kebetulan aku memahami sedikit mengenai astrologi ini. Perbedaan 4 tahun adalah perbedaan yang bagus dan untuk pasangan merupakan pasangan yang paling cocok.

Kebetulan naga tikus berbeda 4 tahun dengan naga kembar dan sepertinya AG merencanakan ada sedikit romansa di seri Eon ini. Yang aku bingung kenapa dibuat saling bermusuhan ya? Hahahahaha...

Aku suka dengan sifat karakter yang dibangun oleh AG dalam buku ini. Yang jahat, jahat banget... Yang baik juga baik banget... Pokoknya gampang banget deh mendalami sifat-sifat karakter di buku ini.

Selain itu ceritanya juga mengalir dengan tetap, tidak terlalu lambat, tidak terlalu cepat sehingga membuatku terhanyut dan membuat penasaran banget tiap kali harus meletakkan buku ini.

Lalu kenapa aku gak kasih bintang 5? Endingnya kurang memuaskan buatku. Kok rasanya gampang banget Ido berubah.[ Kok rasanya gampang banget si Ido berubah. (hide spoiler)]

Gak sabar buat baca buku keduanya. Pengen ngintip ending dari buku ini ^^

2 comments:

  1. aku punya buku keduanya tapi g punya buku pertama, hehe. ahhh jadi pengen cepet baca jadinya.

    berdasarkan shio ya? kalau ak kan shio naga, nah apakah yg dimaksud itu naga kembar? kan ada naga tikus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yep, idenya sih dari shio2 itu, mbak..
      naga kembar tuh maksudnya shio naga, aku gak ngerti kenapa AG menggunakan kata "naga" di depannya >,<

      Delete